top of page

Tips Menulis Artikel Ilmiah



Seringkali menulis dianggap sebagai suatu bakat tertentu yang hanya dimiliki oleh seseorang. Menulis merupakan salah satu skill yang hampir semua orang kuasai, apakah itu menulis dalam bentuk catatan harian, catatan pelajaran, laporan ilmiah, laporan pekerjaan atau bahkan berbentuk cerita tertentu. Salah satu jenis tulisan yang perlu kita pelajari prosesnya adalah menulis artikel ilmiah. Artikel ilmiah adalah salah satu jenis karya tulis yang ditujukan untuk mengekspresikan hasil temuan dari sebuah penelitian. Adapun langkah-langkah yang bisa ditempuh ketika Kamu ingin membuat tulisan ilmiah,


[1] Topik Penelitian

Tentukan topik penelitian yang spesifik dan relevan dengan bidang ilmu yang ingin ditulis. Semakin spesifik topik yang Kamu pilih, akan semakin mudah untuk melakukan identifikasi literatur dan masalah yang akan menjadi objek penelitian kamu.

[2] Penelusuran Literatur

Penelusuran literatur dilakukan untuk mengidentifikasi penelitian sebelumnya dan juga digunakan untuk menemukan permasalahan lain yang belum diselesaikan oleh penelitian-penelitian sebelumnya. Penulusuran literatur juga mempermudah kita didalam membuat hipotesis dari sebuah keresahan permasalahan yang kita temukan ketika membaca artikel-artikel yang sudah dipublikasi.


[3] Kerangka tulisan

Buat outline atau kerangka tulisan untuk mempermudah didalam proses penulisan. Semakin detail dan sistematis, akan semakin mudah didalam menyampaikan dan merangkai setiap paragraph yang akan disampaikan kepada pembaca.


[4] Software litaratur

Gunakan beberapa software pembantu seperti mendeley atau grammarly untuk mempercepat proses editing dan pencantuman literatur pada sebuah tulisan ilmiah.


[5] Bahasa

Gunakan bahasa yang jelas, formal, dan mudah dipahami dan hindari penggunaan kata-kata yang abigu atau tidak jelas yang dapat membingungkan pembaca.


[6] Referensi

Cantumkan semua referensi yang digunakan dan pastikan referensi atau sumber informasi yang digunakan adalah sumber informasi yang valid, tidak bersumber dari sebuah opini atau bahkan hoax.


[7] Format Penulisan

Gunakan format penulisan yang sesuai dengan standard akademik yang berlaku atau sesuaikan dengan target publisher yang dituju. Biasanya setiap publisher akan memberikan contoh dan juga persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis ketika akan menerbitkan sebuah tulisan ilmiah di publisher tersebut.


[8] Periksa dan Baca kembali

Lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan tatabahasa atau penulisan dan juga ajukan tulisan Kamu kepada orang lain, atau kolega yang mempunyai bidang yang sama untuk direview kembali.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti didalam menulis artikel ilmiah. Semoga dapat kamu terapkan dan mempermudah kamu didalam menulis artikel ilmiah.


9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page