top of page

Kenapa kita harus melakukan validasi?

Validasi merupakan salah satu proses yang harus diterpenuhi didalam rangkaian pekerjaan di lingkup research and development. Adapun beberapa alasan yang melatar belakangi researcher harus melakukan proses validasi, diantaranya yaitu

[1] Memastikan keakuratan dan keandalan

Proses validasi membantu kita didalam memastikan suatu proses berjalan secara akurat dan mempunyai keterulangan yang baik, sehingga produk data yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya.


[2] Reproduksibilitas

Validasi sangat penting untuk merekonstruksi reproduktifitas suatu proses penelitian. Reprodusibilitas yang baik terlihat jika peneliti lain menggunakan metode yang sama, akan dapat memperoleh hasil yang serupa. Dengan memvalidasi metode, para peneliti memberikan kerangka bagi orang lain untuk mereplikasi dan mengembangkan suatu proses pekerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh peneliti lain.


[3] Quality control

Validasi berperan sebagai salah satu bentuk pengendalian mutu dalam penelitian ilmiah. Ini membantu mengidentifikasi potensi sumber kesalahan atau bias dalam membuat desain eksperimental, pengumpulan data, atau analisis. Dengan melakukan validasi metode, para peneliti dapat mengidentifikasi dan memperbaiki segala kekurangan atau keterbatasan dalam suatu penelitian.


[4] Membangun kredibilitas

Validasi sangat penting untuk membangun kredibilitas penelitian ilmiah. Ketika metode divalidasi dan terbukti andal, komunitas ilmiah dan masyarakat luas dapat memiliki kepercayaan yang lebih besar terhadap hasil penelitian.


[5] Memajukan pengetahuan

Validasi berkontribusi pada kemajuan pengetahuan ilmiah. Dengan melakukan validasi metode, peneliti dapat menyempurnakan teknik yang ada atau mengembangkan teknik baru yang lebih akurat, efisien, atau cocok untuk tujuan penelitian tertentu. Proses validasi dan peningkatan berulang ini mendorong kemajuan ilmiah dan memungkinkan pengembangan wawasan dan penemuan baru.


Apakah kamu telah melakukan validasi untuk setiap metode yang kamu kembangkan?

10 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page